Menilik Akademi Biksu Terbesar di Dunia yang Ada di Tibet

Menilik Akademi Biksu Terbesar di Dunia yang Ada di Tibet

Sejarah Indonesia memang tidak bisa dipisahkan dengan perkembangan agama Hindu dan Budha. Bicara soal agama Budha maka hampir tidak bisa dipisahkan oleh peran seorang biksu. Namun, siapa yang menyangka jika akademi biksu terbesar di dunia ternyata ada di Tibet lho. Akademi Budha Larung Gar atau yang dikenal sebagai Institut Budha Serthar ini merupakan perguruan para biksu budha yang terbesar di dunia. Berlokasi di wilayah Lembah Larung dan dikelilingi oleh deretan pegunungan membuat akses menuju akademi sangatlah minim. Tak heran jika keberadaan akademi biksu terbesar di dunia ini masih sangat jarang terekspose oleh media. Namun, hal tersebut tak menyurutkan niat mereka yang ingin memperdalam ilmu sebagai biksu maupun biksuni. Tercatat setidaknya 40 ribu jiwa telah mendalami agama budha di akademi biksu tersebut. Selain itu, wilayah lembah yang menjadi lokasi akademi biksu tersebut kini mulai berkembang menjadi area pemukiman yang dihuni oleh para biksu maupun biksuni beserta para muridnya.

Menurut sejarahnya, Akademi Biksu Larung Gar ini didirikan oleh seorang pemimpin budha dari Tibet (lama) pada tahun 1980. Semula, wilayah lembah Larung Gar hanyalah wilayah lembah biasa yang terpencil dan tidak berpenghuni. Namun, semenjak didirikannya akademi biksu maka lembah tersebut berubah menjadi pusat pembelajaran agama Budha terbesar di Tibet bahkan terbesar di dunia. Meskipun demikian, akses yang harus dilalui menuju akademi biksu di Larung Gar tidaklah mudah karena harus melewati deretan pegunungan yang menjulang tinggi dan dengan suhu yang sangat dingin. Tetapi, akses yang melelahkan tersebut akan terbayarkan dengan lunas apabila telah berhasil tiba ke akademi biksu. Pasalnya, anda tidak hanya melihat gadung akademi yang megah sebagai tempat para murid mendalami agama budah. Melainkan juga akan mendapatkan panorama permukiman para biksu dan biksuni yang khas dan tertata rapi. Terlebih, penorama tersebut memiliki latar belakang pegunungan yang sangat memanjakan mata.

Kompleks akademi biksu yang ada di lembah Larung Gar sangatlah unik dan menarik untuk dilihat. Pada bagian tengah lembah terdapat gedung pusat beserta kampus tempat para murid mendalami ilmu budha. Kompleks gedung akademi biksu dikelilingi oleh permukiman para biksu, biksuni dan murid yang sedang mengenyam pendidikan. Setiap pemukiman membentuk suatu barisan dan kolom mengikuti bentukan lembahnya. Jangan heran jika pemukiman tersebut terlihat layaknya anak tangga yang mengisi puncak hingga dasar lembah. Warna dari permukiman tersebut juga didominasi oleh warna merah dan kuning serta warna putih pada bagian atap yang telah diselimuti oleh salju. Terdapat pula akses jalan kecil yang menjadi sekat antar barisan permukiman. Selain itu, terdapat pula tembok pemisah yang memanjang untuk memisahkan antara pemukiman biksu dengan pemukiman biksuni.

Seiring berjalannya waktu, akademi biksu di lembah Larung Gar terus mengalami perkembangan yang signifikan. Berbagai fasilitas telah dibangun untuk menciptakan kenyamanan dalam proses pembelajaran agama Budha. Pasalnya, akademi selalu membukakan pintu yang selebar-lebarnya bagi murid baru yang ingin mendalami ilmu agama Budha. Tak heran jika beberapa negara di benua Asia seperti Hongkong, Tawan, Singapura, Thailand dan sebagainya banyak yang mendalami ilmu agama Budha di akademi ini. Terlebih, akademi menyediakan paket pembelajaran dengan berbagai bahasa yang berbeda seperti bahasa mandarin dan bahasa Tibet. Selain itu, akademi biksu lembah Larung Gar juga digunakan sebagai salah satu objek wisata budaya yang menarik banyak wisatawan domestik maupun mancanegara.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


film streaming HD

Film streaming

Film streaming