Bagaimana Merencanakan Tur EBC Tibet dengan Penyakit Ketinggian

Bagaimana Merencanakan Tur EBC Tibet dengan Penyakit Ketinggian

Bagaimana Merencanakan Tur EBC Tibet dengan Penyakit Ketinggian – Merencanakan tur ke Tibet biasanya berarti Anda harus merencanakan untuk mendapatkan penyakit ketinggian saat Anda tiba. Hampir setiap orang mengalami hal ini sampai tingkat tertentu, tetapi ada cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko penyakit ketinggian dalam perjalanan Anda ke Lhasa dan Kamp Pangkalan Everest. Di sini kami memiliki beberapa pilihan untuk membantu Anda mengurangi kemungkinan Anda terkena penyakit ketinggian ketika Anda tiba di Tibet, dan bagaimana mengelolanya dengan lebih efektif.

Bagaimana Merencanakan Tur EBC Tibet dengan Penyakit Ketinggian

Bagaimana Merencanakan Tur EBC Tibet dengan Penyakit Ketinggian

tibetinfo – Masuki Tibet dari China, bukan Nepal. Ini adalah fakta sederhana bahwa, semakin bertahap pendakian Anda ke ketinggian yang lebih tinggi dan ekstrem, semakin kecil kemungkinan Anda merasakan efek penyakit ketinggian saat bepergian. Artinya, jika Anda benar-benar ingin mengurangi peluang, Anda harus masuk ke Tibet dari China daratan, bukan dari Nepal.

Masuk dari Nepal berarti mengambil jalan dari Kathmandu ke Pelabuhan Gyirong, di mana Anda akan melintasi perbatasan ke Kota Gyirong . Dalam waktu 48 jam setelah meninggalkan Kathmandu (1.400m), Anda akan mendaki lebih dari 4.300 meter. Pendakian yang cepat hampir pasti akan membuat Anda merasakan penyakit ketinggian.

The rute dari daratan Cina memiliki lebih banyak kesempatan untuk menyesuaikan diri dan Ascend secara bertahap, memberikan Anda kesempatan yang lebih baik tidak merasa penyakit ketinggian sebanyak.

Baca juga : 5 Panduan yang Amat Kamu Butuhkan bila Berencana Traveling ke Tibet bersama Anak

Biasakan Diri Anda Selama 2 Malam di Xining dan Naik Kereta Xining-Tibet
Masuk ke Tibet dari daratan Cina dapat dilakukan dengan penerbangan langsung ke Lhasa . Namun, ini tidak akan memberi Anda kesempatan untuk menyesuaikan diri sebelum Anda sampai di sana, dan tidak lebih baik daripada masuk dari Nepal. Sebagai gantinya, rute yang lebih bertahap dimungkinkan melalui kereta api.

Sementara kereta api dari sebagian besar China naik dari ketinggian rendah dekat dengan permukaan laut ke ketinggian 3.656 meter di Lhasa, ada satu kereta yang dimulai di ketinggian yang jauh lebih tinggi. Dengan sebagian besar kereta yang lebih panjang dari daratan Cina ke Lhasa , Anda masih akan merasakan efek penyakit ketinggian lebih parah ketika Anda tiba, karena Anda bepergian di lingkungan yang kaya oksigen di kereta, yang tidak membantu dalam menyesuaikan diri secara perlahan. Kereta dari Xining adalah satu-satunya kereta yang memulai perjalanannya di ketinggian di atas 2.000 meter.

Saat mendaki ke dataran tinggi, disarankan untuk berhenti di ketinggian menengah sekitar 2.000-3.000 meter setidaknya selama 24-48 jam. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan diri dengan ketinggian yang lebih rendah dengan benar, yang dapat membantu aklimatisasi lebih mudah ke ketinggian dataran tinggi. Xining terletak di ketinggian 2.275 meter di atas permukaan laut, dan merupakan tempat yang sempurna untuk aklimatisasi menengah saat bepergian ke Lhasa. Berhenti selama dua malam di Xining, ibu kota Provinsi Qinghai, akan memungkinkan Anda menyesuaikan diri dengan ketinggian tersebut, mengurangi risiko penyakit ketinggian saat Anda tiba di Lhasa. Anda kemudian dapat naik kereta 21 jam dari Xining ke Lhasa, yang memiliki beberapa pemandangan terbaik di sepanjang rutenya.

Tambahkan Satu Malam di Sakya Alih-alih Menuju EBC melalui Shigatse
Setelah Anda tiba di Lhasa, pada ketinggian 3.656 meter, Anda biasanya akan menghabiskan beberapa hari di kota, menyesuaikan diri dengan ketinggian yang lebih tinggi dan mengunjungi tempat-tempat terkenal di kota. Bagi mereka yang berangkat untuk mengunjungi Everest Base Camp (EBC), perubahan ketinggian sekali lagi agak tinggi, naik ke 5.150 meter di base camp itu sendiri. Tur normal membawa Anda dari Lhasa ke Shigatse, pada ketinggian 3.845 meter, dan kemudian ke EBC pada hari berikutnya, naik lagi 1.255 meter dalam beberapa jam. Ini kadang-kadang dapat berarti bahwa Anda mungkin mengalami beberapa efek dan gejala penyakit ketinggian di EBC, di mana Anda berhenti untuk bermalam.

Cara yang baik untuk mengatasi itu, jika Anda tidak ingin naik begitu cepat, adalah dengan menambahkan satu hari ekstra, dan mengambil jalan ke Biara Sakya yang terkenal dalam perjalanan ke EBC. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan diri dengan ketinggian Sakya, sebelum mencapai EBC. Biasanya, disarankan agar Anda hanya naik sekitar 400-500 meter per hari, paling banyak, dan tidur di ketinggian di bawah ketinggian tertinggi yang Anda capai pada hari itu. Biara Sakya terletak di ketinggian 4.310 meter, hanya 465 meter lebih tinggi dari Shigatse. Artinya, setelah Anda beristirahat semalaman di dekat Sakya, Anda hanya akan naik sejauh 790 meter untuk mencapai EBC, yang dapat sangat mengurangi kemungkinan terkena penyakit ketinggian di Gunung Everest.

Menginap di Old Tingri Alih-alih EBC
Banyak tur Tibet yang mencakup EBC memiliki persinggahan di base camp, di wisma Biara Rongbuk, atau wisma tenda di situs itu sendiri. Meskipun Anda akan tidur di ketinggian yang lebih rendah daripada yang Anda capai sepanjang hari, perbedaan ketinggiannya minimal, dan sebenarnya lebih baik tinggal di kota terdekat, Old Tingri. Pada ketinggian hanya 4.390 meter, sekitar 710 meter lebih rendah dari EBC, Anda dapat yakin bahwa Anda sangat tidak mungkin merasakan efek penyakit ketinggian pada saat Anda tiba di sana untuk beristirahat.

Tidak hanya ketinggiannya yang cukup rendah sehingga Anda tidak akan merasakan banyak penyakit ketinggian, tetapi Anda juga memiliki pemandangan pegunungan Himalaya yang menakjubkan, termasuk Gunung Everest dan beberapa gunung tertinggi lainnya di dunia. Dan akomodasinya jauh lebih nyaman daripada di EBC, dengan perawatan medis yang lebih baik jika Anda membutuhkannya.

Rute yang paling direkomendasikan adalah: 12 Hari Trekking Tibet Everest Base Camp: dari Tingri ke EBC melalui Lembah Ra-chu

Tips Menghindari Penyakit Ketinggian
Ada beberapa cara untuk membantu Anda menghindari gejala penyakit ketinggian yang terburuk, dan mungkin mencegahnya sama sekali. Menggunakan rekomendasi yang telah kami berikan bersama dengan beberapa tip lokal yang berguna tentang aklimatisasi, Anda dapat mengurangi risiko hingga sesuatu yang hampir tidak berarti untuk perjalanan Anda ke Tibet.

Tiba di kota baru biasanya mendorong orang untuk segera keluar dan menjelajah. Di ketinggian, ini tidak disarankan, dan Anda harus meluangkan waktu untuk beristirahat dan membiarkan tubuh Anda menyesuaikan diri dengan benar sebelum pergi ke luar untuk menjelajahi restoran dan kedai teh di Lhasa. Membiarkan tubuh Anda beristirahat akan membantu mempercepat penyesuaian yang perlu dilakukan tubuh Anda untuk membantu Anda mengatasi efek penyakit ketinggian.

Pengerahan tenaga adalah faktor utama dalam penyakit ketinggian, dan Anda harus mencoba dan menghindari pengerahan tenaga yang berat dan ekstrem sampai Anda menyesuaikan diri dengan benar. Dan meskipun begitu, Anda harus berhati-hati dan meluangkan lebih banyak waktu dalam melakukan hal-hal seperti trekking dan mendaki ke Istana Potala. Pertahankan aktivitas berat Anda untuk nanti dalam perjalanan Anda, ketika Anda akan lebih mampu melakukannya setelah aklimatisasi.

Hidrasi adalah tip bagus lainnya untuk membantu mengurangi penyakit ketinggian di Tibet. Meskipun mungkin dingin, ketinggian dapat meningkatkan tingkat dehidrasi Anda, yang berarti Anda perlu minum lebih banyak air agar tetap terhidrasi dengan baik. Tanda dehidrasi yang baik adalah sakit kepala yang tegang, atau urin yang lebih gelap saat Anda pergi ke toilet. Jika Anda merasa sangat dehidrasi, garam penghidrasi dapat membantu meningkatkan hidrasi Anda lebih cepat.

Makan dengan baik adalah tindakan positif lain yang dapat membantu Anda mengatasi efek penyakit ketinggian lebih cepat. Makanan berprotein tinggi, seperti daging merah tanpa lemak, sayuran hijau organik, dan mie, sangat ideal untuk membantu aklimatisasi, karena membantu tubuh membuat lebih banyak sel darah merah, yang dibutuhkan tubuh untuk menyesuaikan diri. Pertahankan diet kaya protein yang baik selama perjalanan Anda, dan Anda pasti akan merasakan efek baiknya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


film streaming HD

Film streaming

Film streaming