Mendaki Gunung Kailash Tibet Merupakan salah satu perjalanan darat terbesar di dunia

Mendaki Gunung Kailash Tibet Merupakan salah satu perjalanan darat terbesar di dunia

Mendaki Gunung Kailash Tibet Merupakan salah satu perjalanan darat terbesar di dunia – Tempat Suci bagi lebih dari satu miliar umat Buddha, Hindu, dan Jain, Gunung Kailash yang penuh teka-teki sangat mungkin merupakan gunung tersuci di dunia. Peziarah dari seluruh Asia melakukan perjalanan melintasi lanskap dataran tinggi yang spektakuler di Tibet Barat yang terpencil untuk memberi penghormatan dan berjalan di sekitar gunung suci. Ini adalah salah satu perjalanan darat terbaik di dunia dan, terlepas dari ketinggiannya, secara mengejutkan dapat diakses.

Mendaki Gunung Kailash Tibet Merupakan salah satu perjalanan darat terbesar di dunia

Mendaki Gunung Kailash Tibet Merupakan salah satu perjalanan darat terbesar di dunia

tibetinfo – Kailash (Kang Rinpoche, atau ‘Gunung Salju Berharga’ dalam bahasa Tibet) mendapatkan banyak kekuatannya dari lokasi fisiknya yang mencolok, satu-satunya puncak yang terlepas dari pegunungan Himalaya utama di pegunungan Kangdise Tibet . Gunung empat sisi yang anehnya menjulang dari dataran sekitarnya, dengan keempat wajahnya menghadap ke arah mata angin. Dari kaki bukitnya muncul empat sungai terbesar di Asia – Indus, Sutlej, Brahmaputra (Yarlung Tsangpo) dan Karnali (yang mengalir ke Sungai Gangga).

Baca juga : Tibet dan China Bentrok Soal Reinkarnasi Dalai Lama Berikutnya

Bagi orang Tibet, di sinilah penyihir Tantra Milarepa mengalahkan saingannya Bön (agama rakyat Tibet ) Naro Bönchung dalam pertempuran sihir yang epik, yang menegaskan dominasi agama Buddha atas agama Bön yang ada. Bagi umat Hindu, Kailash adalah tempat tinggal Siwa dan pendampingnya Parwati. Baik umat Buddha maupun Hindu memandang Kailash sebagai Gunung Meru yang mistis, poros pusat alam semesta. Begitulah kesucian puncak 6474m yang sampai hari ini masih belum didaki.

Berjalan di Sirkuit Ziarah
Berjalan tiga hari searah jarum jam di sekitar Gunung Kailash adalah salah satu trek klasik Asia . Ini tidak terlalu berat tetapi membawa Anda ke ketinggian, mulai dari 4670m dan memuncak pada 5650m di celah Drölma-La, jadi Anda harus menyesuaikan diri dengan baik dan bugar secara fisik. Hari tidak lama (hari pertama dan ketiga pada dasarnya adalah setengah hari) dan Anda dapat menyewa yak atau kuli lokal untuk membawa perlengkapan Anda. Anda dapat berkemah dalam perjalanan atau bermalam di akomodasi peziarah sederhana di biara Drira-puk dan Zutul-puk . Anda akan berjalan dengan pengembara Tibet, turis India dan peziarah Bön (yang berjalan berlawanan arah jarum jam), melewati tiga biara dan lusinan situs suci dengan batu yang diukir dengan mantra batu dalam perjalanan.

Begitulah kekuatan spiritual Kailash sehingga satu sirkuit – atau kora – gunung dikatakan oleh beberapa orang untuk menghapus dosa seumur hidup. Di satu tempat yang dikenal sebagai Shiva-tsal, pengunjung meninggalkan kenang-kenangan di gunung – seringkali berupa pakaian atau seikat rambut – sebagai simbol kehidupan lama yang mereka tinggalkan. Peziarah garis keras membidik 108 sirkuit, beberapa beringsut di sekitar gunung seperti ulat, melakukan sujud seluruh tubuh. Sebuah perjalanan di sekitar Kailash sama spiritualnya dengan perjalanan fisik.

Waktu paling populer untuk berjalan di gunung adalah selama festival Saga Dawa yang biasanya dimulai pada bulan Mei dan berakhir pada bulan Juni, ketika ribuan peziarah (dan banyak turis) turun ke gunung untuk merayakan pencerahan Buddha. Sebuah tiang doa besar dibangkitkan dengan meriah di Tarboche di sudut barat daya Kailash, setelah itu semua orang memulai perjalanan mereka. Periksa situasi politik jika merencanakan perjalanan untuk festival, karena wilayah tersebut terkadang tertutup untuk orang asing saat ini, karena takut akan demonstrasi pro-Tibet.

Bagaimana menuju ke Gunung Kailash
Cara terbaik adalah naik pesawat atau kereta api ke Lhasa dari Cina atau Kathmandu , menghabiskan beberapa hari untuk menyesuaikan diri di sana dan kemudian memulai perjalanan empat hari ke gunung di Tibet Barat. Dalam perjalanan, Anda dapat berhenti di kota Shigatse di Tibet dan biara kuno Sakya yang menjulang tinggi , dan bahkan memutar ke sisi utara Everest Base Camp yang menakjubkan (tambahkan dua hari). Dalam beberapa tahun terakhir, jalan menuju Tibet barat telah diaspal dan hotel-hotel ditingkatkan sehingga sekarang menjadi perjalanan yang relatif nyaman dan pemandangan yang menakjubkan.

Cara mendaki Everest Base Camp
Dalam perjalanan kembali dari Tibet barat, Anda dapat memilih untuk turun di perbatasan Nepal di Rasuwagadhi , satu hari berkendara dari Kathmandu, setelah menuruni Lembah Kyirong bergaya Alpen yang dramatis , turun dari dataran tinggi Tibet ke tepi India anak benua. Secara keseluruhan, Anda harus membuat anggaran untuk perjalanan darat selama 17 hingga 21 hari, tergantung pada rencana perjalanan Anda.

Beberapa agen di Kathmandu menawarkan tur darat dari Kathmandu langsung ke Kailash tetapi perhatikan bahwa kenaikan ketinggian berpotensi berbahaya dalam perjalanan ini; lebih aman untuk menghabiskan beberapa hari di Lhasa melihat pemandangan monastik yang luar biasa. Aklimatisasi sangat penting di Tibet Barat, karena hampir tidak ada tempat di bawah 4500m.

Apa yang dapat dilihat di area sekitar Kailash
Terletak di kaki Gunung Kailash adalah Danau Manasarovar ( Mapham Yum-tso dalam bahasa Tibet), sebuah danau dataran tinggi yang menakjubkan yang dianggap suci oleh orang Tibet dan Hindu. Peziarah berjalan di sekitar danau dalam empat hari tetapi sekarang dimungkinkan untuk berkendara di sekitarnya, berhenti (dan sebaiknya bermalam) dalam perjalanan di biara tepi danau yang menawan di Seralung , Gossul , Trugo dan Chiu . Pemandangan perairan kobalt besar yang dibingkai oleh puncak Kailash dan Gurlha Mandata yang tertutup salju (7728m) benar-benar menakjubkan.

Cara makan seperti orang lokal di Cina Tibet
Perjalanan sehari dari Kailash akan membawa Anda ke Biara Thöling dan reruntuhan Guge, kerajaan Buddha abad ke-10 yang menggunakan gaya Kashmir dan Ladakhi di dekatnya untuk menciptakan beberapa seni Buddha paling agung di Himalaya. Menjelajahi mural, terowongan, dan benteng di puncak bukit bekas ibu kota Guge di Tsaparang merupakan salah satu pengalaman terbesar (dan paling sedikit diketahui) di Asia. Bayangkan perjalanan pulang-pergi selama tiga hari dari Kailash dan cobalah untuk mengunjungi mural gua Dungkhar dan Piyang bergaya Jalan Sutra yang indah dalam perjalanan.

Sangat menggoda untuk melakukan perjalanan jauh ke Gunung Kailash dengan istirahat sesedikit mungkin, tetapi ada baiknya berhenti dalam perjalanan di Biara Drapsang yang terjal , Biara Dargyeling yang fotogenik dan Biara Tradun yang penting (tepat di luar Drongba ), yang semuanya terletak di antara Lhatse dan Gunung Kailash.

Izin ke Tibet
Semua turis asing ke Tibet perlu mengatur tur (kendaraan, pengemudi dan pemandu) melalui agen Tibet setempat untuk mendapatkan izin Biro Pariwisata Tibet untuk memasuki Tibet. Anda perlu mengambil ini di Cina atau Kathmandu sebelum tiba di Tibet. Agensi Anda akan membutuhkan waktu hingga satu bulan untuk mengamankan ini dan izin tambahan untuk Tibet barat. Anda juga memerlukan visa China yang valid.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


film streaming HD

Film streaming

Film streaming