Mengenal Museum Tibet Yang Memukau Untuk Di Kunjungi

Mengenal Museum Tibet Yang Memukau Untuk Di Kunjungi

Mengenal Museum Tibet Yang Memukau Untuk Di Kunjungi – Museum Tibet adalah museum resmi dari Daerah Otonomi Tibet dari China di Lhasa . Diresmikan pada 5 Oktober 1999, ini adalah museum modern besar pertama di Daerah Otonomi Tibet. Ini memiliki koleksi lebih dari 520.000 artefak, termasuk tembikar, batu giok, dan patung Buddha, menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahun. Ini memiliki koleksi sekitar 1.000 artefak yang dipamerkan secara permanen terkait dengan sejarah budaya Tibet, dari contoh seni Tibet hingga desain arsitektur sepanjang sejarah seperti pintu dan balok Tibet.

Mengenal Museum Tibet Yang Memukau Untuk Di Kunjungi

Mengenal Museum Tibet Yang Memukau Untuk Di Kunjungi

tibetinfo – Museum ini adalah proyek jutaan dolar. Terletak di sebuah bangunan berbentuk L yang terletak tepat di bawah Istana Potala di sudut Jalan Norbulingkha . Bangunan museum modern memadukan arsitektur tradisional Tibet dengan arsitektur modern. Ini adalah bangunan bata abu-abu dengan perabotan atap berwarna coklat tua dan putih dengan atap emas oranye keemasan. Museum ini disusun menjadi tiga bagian utama: ruang pameran utama, taman budaya rakyat, dan ruang administrasi. Halaman tengah museum dirancang secara unik, dengan lantai putih yang tampak ramping, dan mengacu pada konvensi monastik tradisional. Ini fitur asli, desain hitam dan putih di tengah dan memiliki pencahayaan melalui jendela skylight besar di atas. Museum ini meliputi area seluas 53.959 meter persegi, dengan total luas bangunan 23.508 meter persegi.

Baca juga : 10 Referensi Makanan Khas Tibet ini sungguh menggugah Selera

Area untuk departemen pameran mencakup 10.451 meter persegi. Pameran Sejarah Budaya Tibet dibagi menjadi budaya pra-sejarah, sejarah tak terpisahkan, budaya dan seni, dan adat istiadat masyarakat, menjelajahi beberapa ribu tahun sejarah Tibet, politik, agama, seni budaya, dan adat istiadat.

Prasejarah
Bagian ini menampilkan item dengan rentang usia dari 50.000 hingga 3000 tahun. Banyak barang seperti perkakas batu, tembikar, benda tulang, dan benda logam digali di situs Karuo dan Qugong dan mewakili budaya Neolitik di Dataran Tinggi Tibet dan asal-usul orang Tibet. Ada juga ruangan yang menunjukkan keragaman flora yang ditemukan di Tibet serta beberapa sampel geologis.

Sejarah Politik
Bagian museum ini berfokus pada periode dinasti yang berbeda dalam sejarah Tibet. Museum ini memiliki banyak stempel, buku, dokumen resmi, dan hadiah dari Kaisar, yang menawarkan wawasan tentang pertukaran politik antara pejabat Dinasti Han dan para pemimpin Tibet serta hubungan antara pemerintah pusat Tiongkok dan garpon regional Tibet . Wisatawan dapat melihat salinan asli dari perjanjian 17 poin yang ditandatangani pada tahun 1951 yang menandai penyatuan kembali Tibet dengan Tiongkok, mengikuti tur audio dan melihat Guci Emas yang digunakan Tiongkok untuk memilih Panchen Lama yang disengketakan .

Seni Budaya
Bagian ini dibagi menjadi 8 area utama yang mengeksplorasi budaya Tibet . Ini termasuk buku naskah Tibet, dokumen dan gulungan, seni teater Tibet, alat musik Tibet, pengobatan Tibet, astronomi Tibet dan perhitungan kalender (termasuk grafik), patung Tibet, dan lukisan dan seni thangka . Artefak yang dipamerkan dilindungi oleh Organisasi Perlindungan Peninggalan Budaya Daerah Otonomi Tibet karena keunikan dan nilai budaya dari beberapa item. Ada banyak patung buddha , bodhisattva , dan figur, topeng, sutra langkaditulis di atas daun pattra dan batang pohon birch, dan manuskrip yang ditulis dengan emas, perak, dan bubuk koral. Ada banyak barang kerajinan Tibet, dan perhiasan tak ternilai seperti barang emas, perak, dan batu giok.

Budaya Rakyat, Etnografi
Bagian ini dibagi menjadi enam bidang utama, termasuk eksplorasi kostum dan gaya berpakaian orang Tibet, peralatan dan perlengkapan sehari-hari, seni dan kerajinan tangan, serta cara berkomunikasi. Pajangan museum memberikan wawasan penting tentang praktik domestik orang Tibet, serta pengaruh budaya Han terhadap orang Tibet.

Museum Tibet dari Departemen Informasi dan Hubungan Internasional, Administrasi Pusat Tibet, didirikan pada tahun 1998 dengan tujuan untuk mendokumentasikan, melestarikan, meneliti, memamerkan, dan mendidik orang Tibet dan non-Tibet tentang semua hal yang berkaitan dengan sejarah, budaya, dan situasi Tibet saat ini. .

Museum Tibet yang terletak di kompleks Kuil Utama di McLeod Ganj, Dharamsala, dikunjungi oleh ribuan orang asing, orang Tibet, dan India setiap tahun. Bangunan museum yang indah, lokasi, dan kekayaan pengetahuan menjadikannya tempat yang wajib dikunjungi oleh siapa pun yang tinggal atau mengunjungi Dharamsala.

Museum Tibet lebih dari sekadar ruang untuk pameran, instalasi, dan kuliah. Ini juga menyediakan platform untuk kegiatan pendidikan yang berkaitan dengan sejarah Tibet – melalui kegiatan internal dan acara khusus, perlengkapan museum perjalanan, katalog, dan berbagai publikasi lainnya.

Kami percaya bahwa mengetahui masa lalu memberikan kekuatan dan bimbingan untuk masa depan dan berharap museum kami akan berperan dalam kedua aspek ini.

Misi Museum Tibet adalah untuk menginformasikan tentang pendudukan Cina di Tibet, untuk memberikan laporan pribadi tentang nyawa yang hilang di Tibet sejak pendudukan dan untuk menginformasikan tentang pelanggaran terus menerus dan berkelanjutan yang dilakukan oleh pemerintah Cina terhadap orang-orang Tibet.

Ini juga bertujuan untuk mendidik komunitas Tibet di pengasingan tentang nilai-nilai demokrasi, hak asasi manusia, perlindungan lingkungan, perjuangan kebebasan, serta untuk memperkuat semangat Tibet dan kebanggaan kolektif melalui presentasi tentang sejarah dan budaya Tibet yang kaya.

Museum Permanen – Museum Tibet:

Museum Tibet atau Demton-khang (dalam bahasa Tibet) berfungsi sebagai tempat peringatan dan peringatan permanen bagi orang Tibet yang telah meninggal akibat pendudukan Cina. Pameran utama Museum “A Long Look Homeward”, dibagi menjadi dua bagian: lantai pertama menyajikan pendudukan Cina di Tibet dan hasilnya, dan lantai kedua menampilkan masa lalu dan harapan Tibet di masa depan. Dibutuhkan pengunjung melalui Tibet seperti itu, invasi Cina, upaya perlawanan, dan pelarian yang sulit dari ribuan orang Tibet dari tanah air mereka. Pameran ini juga menampilkan realitas Tibet saat ini: penyalahgunaan hak asasi manusia dan efek sinisisasi. Melayani beragam audiens pengunjung ke Dharamsala, semua presentasi tekstual di museum diberikan dalam tiga bahasa: Tibet, Inggris dan Hindi.

Itu juga memutar film dokumenter tentang Tibet, dua kali sehari, serta mengundang para ahli dan melakukan pembicaraan dan ceramah tentang masalah-masalah terkait Tibet di ruang kuliah kecilnya. Museum Tibet juga menyelenggarakan pameran jangka pendek sementara setiap tiga bulan tentang isu-isu terkini.

Bagian Arsip Fotografi:

Bagian Arsip Fotografi Museum Tibet memiliki koleksi lebih dari 30.000 foto langka, slide, dan negatif gambar bersejarah dan kontemporer Tibet. Foto-foto setua yang berasal dari zaman Dalai Lama ke-13 dan banyak foto langka dari kemerdekaan Tibet juga merupakan bagian dari arsip.

Arsip tersebut merupakan dokumentasi sejarah yang penting dan aset vital bagi Museum Tibet. Foto-foto tersebut digunakan untuk pameran, buku dan bahan cetakan lainnya yang diterbitkan oleh Museum Tibet. Ini juga berfungsi sebagai gudang penting dan titik referensi bagi media, lembaga publikasi, peneliti dan masyarakat di seluruh dunia.

Arsip Fotografi terletak di Kantor Administrasi Museum dekat kantor utama DIIR, di Gangchen Kyishong, Dharamsala, India.

Pameran Perjalanan:

Seperti halnya kompleks Museum Tibet yang menyediakan sarana efektif untuk menyajikan sejarah, budaya, dan tantangan Tibet kepada orang-orang yang mengunjungi Dharamsala; pameran keliling Museum Tibet membawa kisah Tibet kepada orang-orang di seluruh dunia. Staf museum secara teratur mengunjungi sekolah-sekolah, pemukiman dan biara-biara dan kota-kota di India, untuk memamerkan pameran foto yang berkaitan dengan sejarah Tibet, budaya, situasi saat ini di dalam Tibet dan cara hidup di pengasingan. Pameran keliling juga ditingkatkan dengan pemutaran film dokumenter (tentang sejarah, budaya, dan situasi Tibet saat ini)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


film streaming HD

Film streaming

Film streaming