Banyak wisatawan yang berkunjung ke Biara Rongbuk Tibet walaupun Kecil dan Sederhana

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Biara Rongbuk Tibet walaupun Kecil dan Sederhana

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Biara Rongbuk Tibet walaupun Kecil dan Sederhana – Dibandingkan dengan kemegahan dan sejarah biara di Tibet, Biara Rongbuk cukup sederhana dan kecil. Namun, tempat ini menduduki peringkat teratas ‘Tempat Hebat untuk Menjadi Pertapa’ pada tahun 2011 dan selalu terdaftar sebagai salah satu situs yang harus dilihat karena pemandangannya yang menakjubkan dan pengalaman istimewanya.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Biara Rongbuk Tibet walaupun Kecil dan Sederhana

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Biara Rongbuk Tibet walaupun Kecil dan Sederhana

tibetinfo – Pengenalan Biara Rongbuk, Terletak di kaki Gletser Rongbuk pada ketinggian 5.009 meter (16.434 kaki) di atas permukaan laut, Biara Rongbuk adalah biara tertinggi di dunia dan salah satu pemukiman dengan ketinggian tertinggi yang pernah dibangun. Jaraknya sekitar 25 kilometer ke puncak Gunung Everest dan beberapa kilometer dari Base Camp Everest yang baru dipindahkan.

Baca juga : Bagaimana Merencanakan Tur EBC Tibet dengan Penyakit Ketinggian

Rongbuk adalah biara Buddha dari sekte Nyingma yang dibangun pada tahun 1902 oleh Nyingmapa Lama Ngawang Tenzin Norbu. Ini pernah memberikan perlindungan dan persediaan untuk pendaki awal meskipun mereka dianggap sesat, dan pendaki akan melakukan doa saleh di sini sebagai ritual sebelum memulai pendakian gunung mereka. Biara itu pernah menampung sekitar 500 biksu dan biksuni, tetapi sekarang hanya ada lusinan biksu dan biksuni.

Sejak dibangun, biara telah menjadi situs utama yang penting secara keagamaan bagi orang-orang Sherpa di wilayah Khumbu Nepal, yang melakukan perjalanan rutin melalui pegunungan untuk mengunjungi biara dan berjalan di sekitar kora di sekitar dinding luarnya. Biara itu sebenarnya dibangun di atas situs suci di area gua meditasi dan gubuk yang telah digunakan oleh para biksu Buddha sejak awal abad ke-18.

Tempat terbaik untuk melihat Gunung Everest
Dengan lokasinya yang sangat baik, biara adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat puncak Gunung Everest yang menakjubkan, dan merupakan titik pemberhentian yang populer bagi turis dan peziarah. Apakah Anda memilih untuk berdiri di tempat parkir biara, di luar wisma biara di seberangnya, atau di puncak bukit kecil di belakang, Anda bisa mendapatkan pemandangan yang luar biasa jernih dan tak terhalang dari puncak gunung besar ini.

Dan bagi banyak orang, kemampuan untuk bermalam hanya meningkatkan kenikmatan pemandangan mereka. Bagi mereka yang bermalam di sekitar Biara Rongbuk, Anda bisa mendapatkan beberapa foto matahari terbenam dan matahari terbit yang indah dari gunung, matahari mengubah lereng menjadi warna oranye yang terbakar.

Bangunan Unik: dinding dengan mural yang luar biasa, patung Padmasambhava
Dibangun di lereng bukit, Biara Rongbuk memiliki lima lantai, hanya dua yang digunakan saat ini. Lantai dua biara memiliki dua aula. Aula luar biara adalah aula utama, di mana biarawan dan biarawati dapat berdoa. Aula bagian dalam berisi patung spektakuler Padmasambhava, orang bijak India kuno yang bertanggung jawab atas penyebaran agama Buddha di seluruh Tibet pada abad ke-8. Sejarah biara menceritakan bagaimana Padmasambhava tinggal di sini di gua meditasi lebih dari 1.200 tahun yang lalu.

Bagian depan vihara juga dihiasi dengan stupa kuno yang berisi relikui mantan kepala biara dan pendiri vihara, Lama Ngawang Tenzin Norbu. Dinding luar vihara, di sekitar jalur kora, juga dipuja dengan roda doa, untuk ziarah umat Buddha yang melakukan ritual kora di sekitar vihara.

Biara itu pernah terkenal karena hartanya yang sangat besar berupa buku-buku Buddhis dan regalia keagamaan lainnya. Sebagian besar dipindahkan ke Tengboche untuk disimpan pada tahun 1970-an, tetapi hilang karena kebakaran yang terjadi pada tahun 1989. Namun, aula biara ditutupi dengan mural dan lukisan yang menggambarkan berbagai aspek Buddha.

Alami kehidupan otentik biksu dan biksuni Tibet di satu biara
Biara Rongbuk adalah salah satu biara yang paling tidak biasa di Tibet, karena tidak memisahkan biarawan dan biarawati, seperti yang dilakukan banyak biara tradisional. Di sini, biksu dan biksuni berlatih dan berdoa bersama, meskipun ada tempat tinggal terpisah. Praktik yang tidak biasa ini terjadi karena banyak gua meditasi yang awalnya digunakan oleh para biarawati di Tibet, dengan para biarawan datang kemudian untuk menggunakan sebagian besar dari mereka. Ketika biara dibangun, disepakati bahwa biarawati akan diizinkan untuk tinggal dan tinggal di biara bersama dengan para biarawan.

Pada puncaknya, biara pernah menampung lebih dari 500 biksu dan biksuni, meskipun jumlah ini telah berkurang secara dramatis selama 50 tahun terakhir. Sekarang, jumlah penghuninya jauh lebih kecil, dengan laporan yang mengatakan bahwa hanya ada sekitar 30 biksu dan biksuni yang hadir di biara. Namun demikian, biara tersebut adalah salah satu contoh wihara Buddha Tibet yang paling menakjubkan, berkat tunjangannya. biarawan dan biarawati berada di bawah atap yang sama.

Upacara keagamaan di festival Tibet
Festival terbesar dan terpopuler yang diadakan di biara setiap tahun adalah Festival Saga Dawa yang terkenal, yang merayakan kehidupan, pencerahan, dan kematian Buddha Sakyamuni. Diadakan pada hari ke-15 bulan keempat dalam kalender Tibet, festival yang menakjubkan ini sangat dijunjung tinggi oleh penduduk setempat, karena ini adalah contoh terdekat dari festival tersebut bagi banyak umat Buddha dan Sherpa Tibet di kawasan itu.

Festival ini diadakan di halaman utama biara, dan dihadiri oleh banyak umat Buddha yang taat dari kota-kota dan desa-desa terdekat. Para biksu dan biksuni biara, meskipun jumlahnya kecil, mengenakan kostum tradisional untuk melakukan tarian Cham dan pertunjukan lainnya berdasarkan kehidupan Buddha. Berlangsung selama tiga hari, festival ini benar-benar menghidupkan Biara Rongbuk dan dipenuhi dengan warna dan kegembiraan.

Cara pergi ke Biara Rongbuk
Mendapatkan ke Biara Rongbuk tidak sulit bagi wisatawan ke dataran tinggi. Turis internasional diharuskan untuk melakukan tur yang telah diatur sebelumnya di wilayah tersebut dengan agen perjalanan Tibet yang terdaftar, dan mengunjungi Rongbuk dengan Izin Perjalanan Tibet yang akan diterapkan oleh agen perjalanan atas nama mereka.

Untuk pelancong yang mengunjungi Tibet dari Kathmandu , meskipun perjalanan dari Pelabuhan Gyirong ke Biara Rongbuk jauh lebih singkat, masih dibutuhkan sekitar tiga hari untuk sampai ke sana. Setelah meninggalkan Kathmandu, Anda akan melakukan perjalanan terlebih dahulu ke Syabru Bensi, kemudian berhenti untuk malam kedua di Kota Gyirong untuk menyesuaikan ketinggian. Bagian terakhir perjalanan membawa Anda dari Kota Gyirong ke Rongbuk, total jarak 496 kilometer.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Biara Rongbuk
Biara Rongbuk terletak dekat dengan Kamp Pangkalan Everest dan Gunung Everest, dan karena itu, waktu kunjungan terbaiknya sama dengan waktu terbaik untuk mengunjungi Gunung Everest , di musim semi dan musim gugur. Namun, tidak ada alasan Anda tidak dapat mengunjungi biara yang menakjubkan ini setiap saat sepanjang tahun. Musim semi dan musim gugur, dari bulan Maret hingga Mei dan September hingga November, adalah waktu terbaik untuk bepergian, karena langit cerah dan cerah serta tidak ada hujan.

Bonus tambahan untuk mengunjungi biara ini
Bonus untuk mengunjungi biara akhir-akhir ini adalah kedekatan yang relatif dengan base camp Gunung Everest, belum lagi Wisma Biara Rongbuk dan Restoran Rongbuk di sisi lain jalan tanah.

Dengan lebih dari 100 tempat tidur di sekitar 30 kamar, Rongbuk Guesthouse buka sepanjang tahun bahkan di hari-hari musim dingin. Meskipun kecil dengan peralatan sederhana dan sederhana, tempat ini bersih dan nyaman. Restoran Rongbuk terletak di sebelah wisma, menyediakan air panas dan makanan yang layak. Ini membuat perjalanan ke biara sedikit lebih nyaman bagi wisatawan, dengan makanan yang lebih baik dan kamar yang lebih hangat terutama di musim dingin.

Sebagai biara Buddha tertinggi di dunia, perjalanan ke Rongbuk adalah salah satu bagian paling menarik dari tur melintasi dataran tinggi Tibet. Meskipun mungkin bukan biara tertua di Tibet, itu adalah salah satu yang paling penting di Tibet Barat, dan salah satu yang paling terkenal di seluruh dunia. Dan dengan pemandangan Gunung Tertinggi di Dunia yang menakjubkan tepat di luar pintu, ini adalah tempat yang bagus untuk mengakhiri penjelajahan Anda di dataran tinggi Tibet.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


film streaming HD

Film streaming

Film streaming