Kereta Api Qinghai-Tibet memegang rekor untuk rute kereta api tertinggi di dunia

Kereta Api Qinghai-Tibet memegang rekor untuk rute kereta api tertinggi di dunia

Kereta Api Qinghai-Tibet memegang rekor untuk rute kereta api tertinggi di dunia – Mereka yang mencari romansa Tibet akan menemukan Kereta Api Qinghai-Tibet sebagai perjalanan menggugah yang membawa Anda ke dunia yang berbeda, yang jauh dari lampu neon dan gedung pencakar langit di perkotaan Cina. Kereta berjalan melewati pedesaan dan pegunungan tinggi di Qinghai yang terpencil dan masuk ke Tibet, meliuk-liuk melewati gletser, puncak, danau garam yang berkilauan, dan desa-desa yang menawan. Inilah yang diharapkan di sepanjang jalan.

Kereta Api Qinghai-Tibet memegang rekor untuk rute kereta api tertinggi di dunia

Kereta Api Qinghai-Tibet memegang rekor untuk rute kereta api tertinggi di dunia

tibetinfo – Kereta Api Qinghai-Tibet memegang rekor untuk rute kereta api tertinggi di dunia, mencapai ketinggian lebih dari 5000m. Jalur kereta api, yang pembangunannya menelan biaya US$4,2 miliar, merupakan prestasi luar biasa dari teknik modern. Kadang-kadang dipuji sebagai ‘jalan langit’, kereta api melintasi wilayah yang dikenal dengan gempa bumi, suhu rendah, dan tekanan atmosfer rendah.

Baca juga : Hal Yang Perlu Di Persiapkan Untuk Berkunjung Di Lhasa Tibet

Karena 960km dari garis berada di 4000m, para desainer dan insinyur harus mengatasi tiga tantangan utama selama konstruksi: ekosistem yang rapuh, kekurangan oksigen dan lapisan es.

Untuk memberikan bantuan yang layak bagi para pekerja konstruksi, pemerintah membangun lusinan fasilitas medis dan stasiun pembuatan oksigen di sepanjang jalan untuk mengurangi efek penyakit ketinggian. Rute juga dipilih dengan hati-hati untuk menghindari perusakan vegetasi dan habitat alami hewan liar, dan mereka mencoba untuk memastikan stabilitas di daerah permafrost dengan memasang tanggul kerikil.

Rute kereta api
Membentang 1956km melintasi Dataran Tinggi Qinghai-Tibet, perjalanan kereta api secara resmi dimulai dari Xining , ibu kota provinsi Qinghai, dan berakhir di Lhasa , ibu kota Tibet. Dari awal hingga akhir, perjalanan hanya memakan waktu satu hari (tepatnya 20 jam 55 menit), dan ada kereta api yang melewati rute yang sama setiap hari. Dimungkinkan untuk berhenti di sepanjang perjalanan, tetapi ini bukan urusan hop-on/hop-off spontan. Anda harus memutuskan rute Anda terlebih dahulu dan membeli tiket untuk setiap babak.

Perjalanan ini adalah tur spektakuler ke tempat-tempat menarik di Qinghai dan Tibet utara: Prairie Qiangtang yang tak terbatas, Gurun Gobi yang terpencil dan keemasan, dan Cagar Alam Kekexili yang kaya akan margasatwa (di mana Anda dapat melihat kijang Tibet dan yak liar).

Ada banyak momen dramatis saat kereta melewati Danau Qinghai yang berwarna biru spearmint , berjalan di sepanjang Jembatan Garam Qarhan yang putih berkilau, dan menyusuri tepi Danau Namtso yang legendaris. Tapi, tidak diragukan lagi, yang paling menarik adalah melihat Pegunungan Tanggula yang diselimuti salju sepanjang tahun.

Melewati Gletser Tanggula, Anda benar-benar merasakan ketinggian tempat Anda bergerak. Pada ketinggian 5068m di atas permukaan laut, Tanggula adalah rumah bagi stasiun kereta api tertinggi di dunia. Ini benar-benar akan membuat Anda terengah-engah – kadar oksigen turun drastis 60% pada saat ini.

Pengalaman di pesawat
Kereta Qinghai-Tibet unik dalam segala hal, bahkan dalam hal desain. Semua kereta ke Tibet memperhitungkan kondisi yang dihadapi — mulai dari ketinggian dan kekurangan oksigen hingga suhu rendah dan iklim yang keras.

Untuk melindungi penumpang dari penyakit ketinggian, kereta api memiliki sistem suplai oksigen yang meningkatkan oksigen di dalam kabin saat kereta naik dan kabin memiliki outlet penyaluran oksigen pribadi. Suhu di kereta diatur dan diberi tekanan dan jendela dilapisi dengan lapisan UV untuk melindungi dari sinar ketinggian tinggi yang kuat.

Seperti kebanyakan kereta di China, kereta Qinghai-Tibet relatif bersih, nyaman dan memiliki gerbong restoran, toilet (jongkok dan tempat duduk), fasilitas cuci dan dispenser air panas. Karena mayoritas pelancong di Kereta Api Qinghai-Tibet adalah orang Cina, Anda akan menemukan bahwa pramugari sering tidak berbicara bahasa Inggris.

Ada tiga kelas kursi yang berbeda:

– Kursi keras: Kursi empuk dengan lima kursi berturut-turut, dapat penuh sesak dan merupakan yang termurah, tetapi paling tidak nyaman, untuk perjalanan jarak jauh.
– Tidur nyenyak: Enam tempat tidur di kompartemen setengah terbuka, dengan penyimpanan bagasi di atas jendela. Kasur tipis dan liner disediakan.
– Tempat tidur empuk: Empat tempat tidur empuk di kompartemen pribadi, dapat dikunci, dan luas.

Apa yang harus dikemas?

Yang terbaik adalah berkemas ringan dan membawa ransel agar tangan Anda bebas untuk menunjukkan tiket dan paspor Anda. Jika Anda memilih koper, pastikan untuk membawa koper yang ringkas karena koridor kereta api yang sempit.

Karena suhu di dalam diatur ke tingkat hangat yang menyenangkan, pakaian yang ringan dan longgar masuk akal. Sandal disediakan gratis di tempat tidur empuk.

Saat bepergian dengan kereta api menurunkan risiko penyakit ketinggian (saat Anda naik ke ketinggian), banyak penumpang masih menderita. Kemas obat seperti Diamox (Acetazolamide), yang dapat membantu meringankan gejala.

Anda tidak perlu mengemas banyak makanan karena kereta memiliki gerobak makanan dan gerbong restoran, tetapi Anda juga dapat membawa makanan ringan. Mie instan, sachet oatmeal, teh celup, dan sup dapat dibuat menggunakan dispenser air panas di dalam pesawat.

Jadikan itu kenyataan
Tiket bisa sangat sulit didapat pada bulan Juli dan Agustus; yang terbaik adalah memesan terlebih dahulu secara online di chinatibettrain.com atau melalui agen perjalanan. Ketahuilah bahwa pelancong ke Tibet juga perlu mengamankan berbagai izin terlebih dahulu.

Sementara awal resmi Kereta Api Qinghai-Tibet adalah Xining, ada kereta langsung dari beberapa kota besar ke Lhasa, termasuk Beijing (40 jam), Chengdu (43 jam) dan Shanghai (47 jam).

Harga bervariasi tergantung pada kelas tempat duduk dan tanggal perjalanan, tetapi satu tiket Xining–Lhasa soft-sleeper rata-rata sekitar 780 (US$125), sedangkan tiket hard-sleeper seharga sekitar 495 Yuan (US$72).

Untuk naik, simpan tiket kereta yang sudah dicetak. Sebagian besar operator tur atau agen pemesanan akan mengirimkan tiket kepada Anda di hotel Anda di China pada saat kedatangan. Pastikan untuk mengatur pengambilan setidaknya sehari sebelum tanggal keberangkatan kereta Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


film streaming HD

Film streaming

Film streaming